CariGold Forum

CariGold Forum (http://www.carigold.com/portal/forums/index.php)
-   Offline Business, Entrepreneur Discussion (http://www.carigold.com/portal/forums/forumdisplay.php?f=177)
-   -   Perbincangan Tokek (Gecko Tokay) (http://www.carigold.com/portal/forums/showthread.php?t=198439)

darkkiller 29-12-2010 05:34 PM

Perbincangan Tokek (Gecko Tokay)
 
Salam
Jom kita share segala ilmu tentang pemeliharaan Gecko Tokay atau lebih dikenali sebagai Tokek

*Peringatan
Anda tidak perlu membuat promosi apa-apa disini,kalau ingin buat promosi sila private mesej atau pergi ke tajuk tokek yang lain.

Dilarang juga mempertikaikan kebenaran bisnes tokek ni,kalau tak percaya duduk diam-diam


http://us.123rf.com/400wm/400/400/am...background.jpg

TOKAYYYYY

darkkiller 29-12-2010 05:35 PM

http://www.youtube.com/watch?v=-iJ5h...layer_embedded
Quote:

saya beri makan 10-15 jangkrik perhari + air putih saja, bisa mencapai
400gram tergantung kualitas tokek
-----------------------------
Terima kasih Sefrie..bisa enggak kamu ceritakan bagaimana bentuk sangkar kamu dan berapa lama masa diambil untuk jadi seberat itu?
terima kasih ya
------------------------------
sangkar sperti di vidio youtube tinggi 60x60cm angin harus bisa masuk,
sangkar/kandang jangan terlalu gelap
Ni

darkkiller 29-12-2010 05:41 PM

Kandang tokek

Sebelum membuat kandang maka perlu diperhatikan adalah untuk apa anda menempatkan tokek di dalam kandang tersebut. Sebab setiap kandang yang akan dibuat tentu akan disesuaikan dengan maksud dan tujuan anda atas reptil tokek tersebut.
Bila anda ingin memelihara tokek sekedar hobby maka akan beda pula kandangnya, bila anda ingin beternak atau ingin mengembangbiakkan tokek tersebut. Terlebih lagi bila anda mau membudidayakan agar tokek memiliki berat tertentu atau penggemukkan.

Jadi minimal ada 3 macam kandang, yaitu kandang tokek untuk hobby, kandang tokek untuk beternak berkembang biak, kandang tokek untuk pembesaran atau penggemukkan.


A.Kandang Tokek Untuk Hobby

Bila untuk kesenangan atau hobby maka lazimnya dipakailah kandang yang bisa membuat kita bisa melihat tokek tersebut dan tokek juga merasa nyaman dan tidak terganggu oleh kehadiran orang yang menontonnya. Kandang bisa terbuat dari aquarium atau dari kayu dan didepannya ada kawat kasa yang nantinya bisa terlihat jelas kegiatan tokek tersebut. Kandang untuk penghobby tokek tentu juga didalamnya terdapat sarana yang akkan membuat tokek merasa nyaman namun tetap kegiatannya dapat dilihat atau dinikmati oleh pemiliknya. Didalam kandang bisa berisi bambu atau kaleng atau kotak dan berbagai accesories lainnya. Ukuran kandang relatip dan bisa berapa saja sesuai selera dan ruang yang ada. Misal bisa Panjang 1m x Lebar 0,5m x Tinggi 2 meter. Catatan : biasanya kandang hanya 1 atau 2 saja dan diisi dengan beberapa tokek, antara 2 sampai sebanyak-banyaknya.


B.Kandang Tokek untuk Beternak

Kandang untuk beternak pasti dibuat sebanyak mungkin, karena nantinya hanya akan berisi 2 ekor saja, yaitu tokek betina dan jantan. Kandang bisa langsung dibuat besar lalu dipetak-petak lagi sehingga bisa menampung sampai begitu banyak pasangan tokek. Didalam kandng bisa diberi bambu atau kardus bekas telur ayam. Ditiap kandang diberi sedikit cahaya yang bisa masuk bisa berupa kawat kasa. Untuk ukuran tentu saja bisa disesuaikan, bisa tiap pasangan menempati ukuran 0,5 meter persegi atau lebih kecil.


C.Kandang Untuk Pembesaran

( Dalam 6 Bulan Bisa 4,2 Ons )

Dari ketiga macam kandang tokek, untuk kandang yang ke tiga ini yang paling sulit dan perlu kecermatan yang presisi. Bila pembuatan kandang salah maka tidak bisa diharapkan tokek menjadi gemuk dan berat timbangannya. Yang seringkali dilupakan para pemelihara tokek adalah mereka lupa bahwa tokek itu bisa adaptasi. Jadi kalau kandang salah maka bisa saja tokek bukan semakin besar atau semakin gemuk tapi bisa semakin kurus dan kecil serta tentu saja ringan bila ditimbang.

Sebelum membuat kandang untuk pembesaran atau penggemukkan perlu direnungkan bahwa reptil tokek amat pandai untuk beradaptasi. Untuk itu pembuatan kandang juga haruslah berupa papan adaptasi. Tokek tidak kita biarkan semaunya namun akan kita posisian agar berada ditempat yang horizontal, lalu dibuat agar terangsang untuk merangkul besar papan atau lebar papan yang hampair terjangkau dan dirangsang agar mau memanjangkan tubuhnya lagi sehingga ukuran panjang dari kepala sampai ekor akan bertumbuh pesat. Agar tokek mencapai berat yang maksimal maka dibuatlah sebuah papan berukuran lebar 12 cm dan panjang 40 cm dan tebal 1 cm.

Papan akan ditempatkan secara horizontal ditengah-tengah kandang, agar dengan perlakukan horizontal ini, energi tokek tidak terbuang, tokek cepat mengalami obesitas, dengan sedikit bergerak dan makanan yang tersedia didepan papan tempat nongkrong maka penggemukkan akan berlangsung pesat. Fungsi lebar papan 12 cm, bertujuan agar tokek bisa semakin besar karena ingin beradatasi dengan papan, sedangkan rangkulan kaki depan tokek mencapai 10 cm, Jadi sisi kiri dan kanan hanya kurang 1 cm saja.

Tokek tergerak ingin menyatu dengan papan tersebut.Dalam waktu 2 bulan atau setelah papan terangkul, maka papan diganti dengan yang lebih lebar yaitu 15 cm agar lebih lagi besar tokek, demikian setelah 2 bulan kemudian diganti lagi dengan yang 17 cm.

Fungsi Panjang papan 40 cm pada 2 bulan pertama adalah agar tokek terangsang beradaptasi memanjangkan tubuhnya dan setelah papan 40 cm sudah mulai tersisa beberapa cm, maka perlu diganti dengan yang papan panjang 45 cm dan demikian pula 2 bulan kemudian diganti dengan yang panjang 50 cm.

Fungsi Warna papan, papan diharapkan dari kayu randu atau kapuk atau kotak bekas buah. Papan ini berwarna cerah dan sangat disukai oleh tokek, ada memang beberapa jenis papan yang juga amat disukai oleh reptil ini untuk menempel.Warna papan yang cerah dan terang membuat tokek akan beradaptasi menjadi menampilkan warna kulitnya yang natural dan terlihat jelas, warna kuning, merah dan dasar putih.

Bahan kandang dari kawat kasa ukuran diamater 1 cm. Diameter1 cm memungkinkan tokek bisa lebih tenang. Bila kawat diameter 2 cm maka tokek berkeinginan untuk keluar terus sehingga luka pada mulutnya. Sebaliknya bila berdiameter 0,5 cm akan membuat tokek menempel di dinding kawat. Dan bila menemel berati energi terbuang percuma. Kandang bisa menimbang, berfungsi agar bisa mengontrol berat tokek tanpa tokek dipegang dan terganggu atau sering disebut stres.

Penempatan kandang juga tidak boleh bersusun, ditaruh dengan ketinggian posisi tokek setingga hidung atau mata melihat atau sekitar 140 cm. Kandang mempunyai ukuran minimal panjang 50 cm, lebar 50 cm dan tinggi 50 cm.

http://pasartokek.com/live/index.php...6:kandangtokek

myfxbiz 29-12-2010 05:43 PM

hari tu tgk kat kedai haiwan harga RM500..tp tgk sekali lagi da tkde..da ada org beli..

darkkiller 29-12-2010 05:45 PM

Quote:

Originally Posted by myfxbiz (Post 8198889)
hari tu tgk kat kedai haiwan harga RM500..tp tgk sekali lagi da tkde..da ada org beli..

kedai mana tu bro?

tech1979 29-12-2010 05:50 PM

Quote:

Originally Posted by darkkiller (Post 8198871)
Kandang tokek

Sebelum membuat kandang maka perlu diperhatikan adalah untuk apa anda menempatkan tokek di dalam kandang tersebut. Sebab setiap kandang yang akan dibuat tentu akan disesuaikan dengan maksud dan tujuan anda atas reptil tokek tersebut.
Bila anda ingin memelihara tokek sekedar hobby maka akan beda pula kandangnya, bila anda ingin beternak atau ingin mengembangbiakkan tokek tersebut. Terlebih lagi bila anda mau membudidayakan agar tokek memiliki berat tertentu atau penggemukkan.

Jadi minimal ada 3 macam kandang, yaitu kandang tokek untuk hobby, kandang tokek untuk beternak berkembang biak, kandang tokek untuk pembesaran atau penggemukkan.


A.Kandang Tokek Untuk Hobby

Bila untuk kesenangan atau hobby maka lazimnya dipakailah kandang yang bisa membuat kita bisa melihat tokek tersebut dan tokek juga merasa nyaman dan tidak terganggu oleh kehadiran orang yang menontonnya. Kandang bisa terbuat dari aquarium atau dari kayu dan didepannya ada kawat kasa yang nantinya bisa terlihat jelas kegiatan tokek tersebut. Kandang untuk penghobby tokek tentu juga didalamnya terdapat sarana yang akkan membuat tokek merasa nyaman namun tetap kegiatannya dapat dilihat atau dinikmati oleh pemiliknya. Didalam kandang bisa berisi bambu atau kaleng atau kotak dan berbagai accesories lainnya. Ukuran kandang relatip dan bisa berapa saja sesuai selera dan ruang yang ada. Misal bisa Panjang 1m x Lebar 0,5m x Tinggi 2 meter. Catatan : biasanya kandang hanya 1 atau 2 saja dan diisi dengan beberapa tokek, antara 2 sampai sebanyak-banyaknya.


B.Kandang Tokek untuk Beternak

Kandang untuk beternak pasti dibuat sebanyak mungkin, karena nantinya hanya akan berisi 2 ekor saja, yaitu tokek betina dan jantan. Kandang bisa langsung dibuat besar lalu dipetak-petak lagi sehingga bisa menampung sampai begitu banyak pasangan tokek. Didalam kandng bisa diberi bambu atau kardus bekas telur ayam. Ditiap kandang diberi sedikit cahaya yang bisa masuk bisa berupa kawat kasa. Untuk ukuran tentu saja bisa disesuaikan, bisa tiap pasangan menempati ukuran 0,5 meter persegi atau lebih kecil.


C.Kandang Untuk Pembesaran

( Dalam 6 Bulan Bisa 4,2 Ons )

Dari ketiga macam kandang tokek, untuk kandang yang ke tiga ini yang paling sulit dan perlu kecermatan yang presisi. Bila pembuatan kandang salah maka tidak bisa diharapkan tokek menjadi gemuk dan berat timbangannya. Yang seringkali dilupakan para pemelihara tokek adalah mereka lupa bahwa tokek itu bisa adaptasi. Jadi kalau kandang salah maka bisa saja tokek bukan semakin besar atau semakin gemuk tapi bisa semakin kurus dan kecil serta tentu saja ringan bila ditimbang.

Sebelum membuat kandang untuk pembesaran atau penggemukkan perlu direnungkan bahwa reptil tokek amat pandai untuk beradaptasi. Untuk itu pembuatan kandang juga haruslah berupa papan adaptasi. Tokek tidak kita biarkan semaunya namun akan kita posisian agar berada ditempat yang horizontal, lalu dibuat agar terangsang untuk merangkul besar papan atau lebar papan yang hampair terjangkau dan dirangsang agar mau memanjangkan tubuhnya lagi sehingga ukuran panjang dari kepala sampai ekor akan bertumbuh pesat. Agar tokek mencapai berat yang maksimal maka dibuatlah sebuah papan berukuran lebar 12 cm dan panjang 40 cm dan tebal 1 cm.

Papan akan ditempatkan secara horizontal ditengah-tengah kandang, agar dengan perlakukan horizontal ini, energi tokek tidak terbuang, tokek cepat mengalami obesitas, dengan sedikit bergerak dan makanan yang tersedia didepan papan tempat nongkrong maka penggemukkan akan berlangsung pesat. Fungsi lebar papan 12 cm, bertujuan agar tokek bisa semakin besar karena ingin beradatasi dengan papan, sedangkan rangkulan kaki depan tokek mencapai 10 cm, Jadi sisi kiri dan kanan hanya kurang 1 cm saja.

Tokek tergerak ingin menyatu dengan papan tersebut.Dalam waktu 2 bulan atau setelah papan terangkul, maka papan diganti dengan yang lebih lebar yaitu 15 cm agar lebih lagi besar tokek, demikian setelah 2 bulan kemudian diganti lagi dengan yang 17 cm.

Fungsi Panjang papan 40 cm pada 2 bulan pertama adalah agar tokek terangsang beradaptasi memanjangkan tubuhnya dan setelah papan 40 cm sudah mulai tersisa beberapa cm, maka perlu diganti dengan yang papan panjang 45 cm dan demikian pula 2 bulan kemudian diganti dengan yang panjang 50 cm.

Fungsi Warna papan, papan diharapkan dari kayu randu atau kapuk atau kotak bekas buah. Papan ini berwarna cerah dan sangat disukai oleh tokek, ada memang beberapa jenis papan yang juga amat disukai oleh reptil ini untuk menempel.Warna papan yang cerah dan terang membuat tokek akan beradaptasi menjadi menampilkan warna kulitnya yang natural dan terlihat jelas, warna kuning, merah dan dasar putih.

Bahan kandang dari kawat kasa ukuran diamater 1 cm. Diameter1 cm memungkinkan tokek bisa lebih tenang. Bila kawat diameter 2 cm maka tokek berkeinginan untuk keluar terus sehingga luka pada mulutnya. Sebaliknya bila berdiameter 0,5 cm akan membuat tokek menempel di dinding kawat. Dan bila menemel berati energi terbuang percuma. Kandang bisa menimbang, berfungsi agar bisa mengontrol berat tokek tanpa tokek dipegang dan terganggu atau sering disebut stres.

Penempatan kandang juga tidak boleh bersusun, ditaruh dengan ketinggian posisi tokek setingga hidung atau mata melihat atau sekitar 140 cm. Kandang mempunyai ukuran minimal panjang 50 cm, lebar 50 cm dan tinggi 50 cm.

http://pasartokek.com/live/index.php...6:kandangtokek


GOOD INFO BRO :)cgrock

darkkiller 29-12-2010 05:52 PM

Quote:

Originally Posted by tech1979 (Post 8198968)
GOOD INFO BRO :)cgrock

aku follow arahan dari web tu..nanti aku upload sangkar aku dengan tokeknya sekali..dah manja time makan je..huhuhu..tapi sampai sekarang aku lom pernah sentuh guna tanganlah

ada sesiapa dari indon tak?boleh beli buku tokek dari website tu

darkkiller 29-12-2010 05:54 PM

Maklumat seperti memberi makan kerang ,katak dan telur masih diragui..sebab aku try bagi makan kat tokek aku..langsung takmau makan..ada sesiapa pernah berpengalaman bagi makan kerang, katak dan telur tak??

FaRid^sp 29-12-2010 05:55 PM

kat hutan jenis mana (paya bakau,dusun,tropika etc) selalu menjadi habitat tokek ni ?

TT 29-12-2010 05:57 PM

mak aih..mmg besar yg berat 411g tu

-klo 1kg cmne plak?

darkkiller 29-12-2010 05:57 PM

Quote:

Originally Posted by FaRid^sp (Post 8199007)
kat hutan jenis mana (paya bakau,dusun,tropika etc) selalu menjadi habitat tokek ni ?

tak berapa pasti..tapi binatang ni memang wujud di Malaysia..sebab cuaca kita sangat sesuai utk binatang ni...

ada juga yang pergi cari kat Pulau..seperti Pulau Pisang Johor,Pulau Perhentian Terengganu (maklumat dari pencari tokek)

darkkiller 29-12-2010 05:58 PM

Quote:

Originally Posted by baru nak belajar (Post 8199025)
mak aih..mmg besar yg berat 411g tu

-klo 1kg cmne plak?

bayangkan 2 kali ganda dari video tu:D

darkkiller 29-12-2010 06:05 PM

Pakan tokek (Makanan Tokek)

Tokek adalah reptil yang juga bisa beradaptasi dari sisi makanan, bila berada di gedung tempat sarang burung maka tentu saja anak walet menjadi santapannya. Bila berada di pohon yang ada sarang lebah maka madu menjadi minuman dan sekaligus makanan bermenu yang lezat. Tokek memang mudah untuk makan bila ditempatkan dikegelapan dan banyak temannya serta dalam kondisi seperti alami. Tokek memang mudah makan dan minum bila merasa nyaman dan aman tempat yang ditempati.

A.Makanan Tokek

Makanan kesukaan tokek adalah laron, begitu sukanya tokek pada laron ini sehingga untuk memangsa laron tokek sampai rela turun ke tanah dimana banyak laron merayap. Memang laron hanya ada pada musim hujan awal saja, selebihnya laron udah amat sulit dijumpai oleh tokek.

Selain laron, makanan kesukaan tokek bisa berbagai macam serangga dan bisa juga anak burung atau memangsa nyamuk dan lain sebagainya. Sebenarnya tokek bisa memangsa apa saja, misal anak katak, jengkerik, walang, kroto, ulat dan sebagainya, termasuk kecoak namun dianjurkan jangan diberi kecoak bisa menyebabkan kurang baik pada tokek maupun bila sesudah memakan kecoak dan menggigit manusia maka akan berakibat buruk.

Tokek makan pada waktu malam, dengan menggunakan penglihatannya dan lompatan serta lidah yang bisa menangkap mangsanya. Namun sebaliknya bila siang hari tokek bukan makan tapi menerkam sesuatu yang bergerak dan seolah menyerang dirinya.


a. Pakan yang mudah didapat

Penting untuk diperhatikan apabila memberikan makanan pada tokek yaitu, berilah makanan yang mudah didapat atau mudah dibeli, misal jengkerik. Dan juga perlu diperhatikan bahwa jangan memberi makanan yang berbeda-beda sehingga tokek malas makan dan menjadi manja dan minta yang enak-enak saja. Misal diberi ulat bambu.

b. Banyaknya Pakan Yang Diberikan

Per hari tokek diberi makan sebanyak 3 gram jengkerik atau setara 8 ekor jengkerik. Pilih jengkerik yang masih clondo atau belum keluar sayap.


c. Waktu Pemberian Pakan

Waktu yang tepat untuk memberi makan pada tokek yaitu pada waktu malam pk 8.00 dan pukul 3.00 pagi. Saat inilah tokek perlu makanan atau sedang mencari makan. Tokek mulai aktif saat matahari tenggelam, namun belum mencari makanan tapi mencari sesama tokek untuk bercengkerama atau saling berkomunikasi lewat suaranya yang cukup menggema. Tokek bisa diberi makan 2 kali yaitu pk 8 malam dan 3 pagi atau diberi makan 3 kali, yaitu pk. 8 malam, pk 11 malam dan pk 3 pagi.


d.Cara Menyiapkan Pakan

Tokek paling menyukai laron, sebab itu kita harus menyiapkan jengkerik sehingga berbentuk seperti laron, caranya ambil seekor jengkerik lalu buanglah kedua kaki belakang jengkerik, nah sekarang jengkerik seperti laron bentuknya. Untuk itu perlu diperhatikan saat membeli jengkerik, selain masih clondo atau masih kecil dan juga pilih jengkerik yang berwarna merah dan harap jangan memberi jengkerik warna hitam. Jengkerik yang sudah dibuang kakinya dan berbentuk laron bisa ditempatkan ditempat pakan didepan papan.

B.Air Minum

Tokek pada umumnya tahan tidak minum. Namun tidak ada salahnya bila diberi persediaan air minum. Selain agar cepat gemuk juga mencegah kematian akibat mogok makan karena berada dikandang yang tidak mengenakkan itu.

Untuk memberi minum sebenarnya cukup air biasa saja, biasakan tokek meminum air tanpa dimasak dulu. Selain air biasa, bisa juga diberi air kelapa dan air gula aren

Cara memberikan minum bisa ditaruh ditempat minum atau disemprotkan didekat mulutnya. Namun yang paling benar adalah biarlah tokek meminum sendiri.

C. Vitamin

Untuk supaya lebih segar dan semangat. Agar lebih nyaman dan tokek terlihat alami dan lincah maka bisa diberi minyak ikan, susu cair yang masih segar, madu, udang kecil atau ebi dan bisa juga sayuran seperti jagung muda dan wortel yang diiris kecil-kecil. Selain itu bisa diberi madu yang asli dari lebah, atau susu yang asli dari sapi dan bukan sudah dijadikan bubuk atau susu kental pabrikan.

tech1979 06-01-2011 12:58 AM

Kandang
 
Salam bro,

Bila nak upload pic kandang & tokek bro? :D

taufic 06-01-2011 01:06 AM

sedikit hint
tokek pon bule hidup bandar
ni adalah fakta
aku dah sahkan :D

darkkiller 06-01-2011 08:55 AM

Quote:

Originally Posted by tech1979 (Post 8279719)
Salam bro,

Bila nak upload pic kandang & tokek bro? :D

alah lupe je tentang thread ni..asyik promote uwcfx je..ok2..camera kat umah plak..tunggu ye

darkkiller 06-01-2011 08:55 AM

Quote:

Originally Posted by taufic (Post 8279790)
sedikit hint
tokek pon bule hidup bandar
ni adalah fakta
aku dah sahkan :D

hidup kat bandar?tapi dia tak berani nak tonjolkan diri kat orangkan mesti sembunyi2 hehehe

nisuh 06-01-2011 09:10 AM

TT, nak kan confirmation.
kalu tokek yg mcm kat vid 1st pg tu, buyer trima ke?
kalu ikut spec diorng, kan kepala kena lebih besar dr badan..dlm vid tu mcm badan lebih besar (gemuk) dr kepala..:-?

darkkiller 06-01-2011 09:18 AM

Quote:

Originally Posted by nisuh (Post 8281855)
TT, nak kan confirmation.
kalu tokek yg mcm kat vid 1st pg tu, buyer trima ke?
kalu ikut spec diorng, kan kepala kena lebih besar dr badan..dlm vid tu mcm badan lebih besar (gemuk) dr kepala..:-?

ni tak pasti bro..tunggu bro aura bagi pendapat dia pula..dia selalu deal benda-benda ni

cre8tive 06-01-2011 12:02 PM

betul ker tokay geko ni cecah juta2 atau plg kecik pun ribu2?? semlm aku pegi pets wonderland kat midvalley, rege baru RM880..xpasti plak berat berapa tp agak besar jugaklah. asal geko tu dr kemboja..

darkkiller 06-01-2011 12:04 PM

Quote:

Originally Posted by cre8tive (Post 8283837)
betul ker tokay geko ni cecah juta2 atau plg kecik pun ribu2?? semlm aku pegi pets wonderland kat midvalley, rege baru RM880..xpasti plak berat berapa tp agak besar jugaklah. asal geko tu dr kemboja..

aku belum tahu lagi..tapi aku sedang usaha membelanya..kalau ada orang indon bela dari 100g jadi 400g..takkan kita tak bolehkan..so tunggu jelah nanti

cre8tive 06-01-2011 12:07 PM

Quote:

Originally Posted by darkkiller (Post 8283862)
aku belum tahu lagi..tapi aku sedang usaha membelanya..kalau ada orang indon bela dari 100g jadi 400g..takkan kita tak bolehkan..so tunggu jelah nanti

tapi betul ker transaksi geko ni bole cecah juta2? mmg pernah ada transaksi geko? kalau ada bukti aku nk sambar geko tu..hahaha

darkkiller 06-01-2011 12:14 PM

Quote:

Originally Posted by cre8tive (Post 8283905)
tapi betul ker transaksi geko ni bole cecah juta2? mmg pernah ada transaksi geko? kalau ada bukti aku nk sambar geko tu..hahaha

tunggu orang yg pernah buat transaksi menjawab..topik ni perbincangan dalam hal membela je..kalau tak berjaya kita boleh bela jadi pet:D

kalau tunggu bukti je...Mark yg buat facebook pun takkan buat facebook dia sebab asyik tunggu bukti

Jangguit 06-01-2011 12:16 PM

Kat umah aku ada seekor cicak ni terlepas dr umah tuan die..trus lepak umah aku(tp nak tangkap susah sbb ddk blkg almari)
tiap2 mlm bunyi...kuat plak 2...
cm ner kta nak bezakan cicak betina atau jantan ek?

darkkiller 06-01-2011 12:23 PM

Quote:

Originally Posted by Jangguit (Post 8284002)
Kat umah aku ada seekor cicak ni terlepas dr umah tuan die..trus lepak umah aku(tp nak tangkap susah sbb ddk blkg almari)
tiap2 mlm bunyi...kuat plak 2...
cm ner kta nak bezakan cicak betina atau jantan ek?

tak tahu sangat..tapi dari pembacaan..tokek betina lebih gelap berbanding tokek jantan..kat bahagian bawah dia ada shape tapi aku tak berapa reti perhatikan

http://www.repticzone.net/images/40306/DSC_0006.jpg
http://www.repticzone.net/images/40306/DSC_0004.jpg

cre8tive 06-01-2011 12:24 PM

Quote:

Originally Posted by darkkiller (Post 8283976)
tunggu orang yg pernah buat transaksi menjawab..topik ni perbincangan dalam hal membela je..kalau tak berjaya kita boleh bela jadi pet:D

kalau tunggu bukti je...Mark yg buat facebook pun takkan buat facebook dia sebab asyik tunggu bukti

itulah citernya..skang aku nmpk bukti org jual RM880. tp juta2 ni xpenah nmpk lg..:) :)

xpe..terus'n m'bela tokek. kalu sape2 jutawan dgn urusniaga tokek, alhamdulillah!

:)cgrock

nisuh 06-01-2011 12:31 PM

Quote:

Originally Posted by Jangguit (Post 8284002)
Kat umah aku ada seekor cicak ni terlepas dr umah tuan die..trus lepak umah aku(tp nak tangkap susah sbb ddk blkg almari)
tiap2 mlm bunyi...kuat plak 2...
cm ner kta nak bezakan cicak betina atau jantan ek?

ni info pasal jantina tokek:

Jantan:
Bentuk Kepala: Besar dan memanjang:">
Bentuk badan: Mantap dan lebih panjang
Ekor: Panjang dan berduri/kasar
Perilaku: Agresif
Warna kulit: Gelap
Warna Bintik: Merah bata
Sorot Mata: TAJAM:D

Betina:
Bentuk Kepala: Agak kecil membulat dan elips seperti telur:p
Bentuk badan: Gemuk dan Pendek:))
EKOR: Pendek halus:eek:
PERILAKU: Jinak:p
Warna kulit: Cerah/terang
Warna Bintik: Merah cerah kekuningan
Sorot Mata: Redup

darkkiller 06-01-2011 12:33 PM

Quote:

Originally Posted by nisuh (Post 8284138)
ni info pasal jantina tokek:

Jantan:
Bentuk Kepala: Besar dan memanjang:">
Bentuk badan: Mantap dan lebih panjang
Ekor: Panjang dan berduri/kasar
Perilaku: Agresif
Warna kulit: Gelap
Warna Bintik: Merah bata
Sorot Mata: TAJAM:D

Betina:
Bentuk Kepala: Agak kecil membulat dan elips seperti telur:p
Bentuk badan: Gemuk dan Pendek:))
EKOR: Pendek halus:eek:
PERILAKU: Jinak:p
Warna kulit: Cerah/terang
Warna Bintik: Merah cerah kekuningan
Sorot Mata: Redup


thanks bro!!:D

Jangguit 06-01-2011 12:35 PM

Quote:

Originally Posted by nisuh (Post 8284138)
ni info pasal jantina tokek:

Jantan:
Bentuk Kepala: Besar dan memanjang:">
Bentuk badan: Mantap dan lebih panjang
Ekor: Panjang dan berduri/kasar
Perilaku: Agresif
Warna kulit: Gelap
Warna Bintik: Merah bata
Sorot Mata: TAJAM:D

Betina:
Bentuk Kepala: Agak kecil membulat dan elips seperti telur:p
Bentuk badan: Gemuk dan Pendek:))
EKOR: Pendek halus:eek:
PERILAKU: Jinak:p
Warna kulit: Cerah/terang
Warna Bintik: Merah cerah kekuningan
Sorot Mata: Redup

ha tgk dr ciri2 kat atas tokek kat umah aku cam jantan jer...tp dlm 100gram ke bwh aku rasa...
kalau jual leh dpt brape ni agak2 ek?

locos 06-01-2011 02:11 PM

Quote:

Originally Posted by darkkiller (Post 8199030)
tak berapa pasti..tapi binatang ni memang wujud di Malaysia..sebab cuaca kita sangat sesuai utk binatang ni...

ada juga yang pergi cari kat Pulau..seperti Pulau Pisang Johor,Pulau Perhentian Terengganu (maklumat dari pencari tokek)

Kat kampung aku banyak.. dia idup kat tanah berpasir zaman kecik kalo jumpa mende ni memang kitorang halau. sebab mlm2 asyik dok tokkey tokkey saja. nak tdo mlm pun x leh. Penah skali dia naik atas rumah. halau x mau turun. last skali ambil pancing umpan dengan kain buruk dia makan tapi kaki melekat tarik kuat2 then buang jauh2. Bapak aku ckp dia suka makan serangga terbang warna putih mcm kupu2 mlm gitu. Tapi skang ni memang takde dgr langsung la agaknya dah pupus. korang yang ada simpan la leklok. hehehe

oldskoolrocka 06-01-2011 02:16 PM

btol ke hrga tokek berpuluh ribu sekor?
cmna kedai haiwan tu bly jual 500 je?huhu

win 06-01-2011 04:45 PM

susah nak bela bro..

tech1979 06-01-2011 07:22 PM

Quote:

Originally Posted by oldskoolrocka (Post 8285202)
btol ke hrga tokek berpuluh ribu sekor?
cmna kedai haiwan tu bly jual 500 je?huhu

Tgk berat la bro, yang kat kedai tu kecik2, kalau besar2 dah lama kene rembat :D

alang_nizms 06-01-2011 09:24 PM

wahh..kayo denn..

fareastz 06-01-2011 10:13 PM

http://www.youtube.com/watch?v=KIDYc...eature=related

alang_nizms 06-01-2011 10:23 PM

best gak cite lama nie hehehe

darkkiller 07-01-2011 12:27 PM

http://img695.imageshack.us/img695/9220/tokeksyah.jpg
ok ni tokek aku dgn sangkarnya...saiz 50x50..papan kat tengah-tengah untuk dia baring dan tidur..so tersimpan tenaga untuk membesar

PendingDiraja 08-01-2011 01:15 PM

http://i923.photobucket.com/albums/a...a/CSC_0050.jpg

ini gecko jugak ker??? kalau jual berapa ni???:D:D

ahib0205 08-01-2011 01:32 PM

Quote:

Originally Posted by darkkiller (Post 8295983)
http://img695.imageshack.us/img695/9220/tokeksyah.jpg
ok ni tokek aku dgn sangkarnya...saiz 50x50..papan kat tengah-tengah untuk dia baring dan tidur..so tersimpan tenaga untuk membesar

cun lah sangkar dia

buat sendiri ye bro? :)cgrock

JACK88 08-01-2011 01:51 PM

Kat hutan macam mana nak cari benda ni tt? Kat kampung aku ada banyak kot, sebab org kat sini x pernah peduli benda ni.. TT boleh terangkan x macammana habitat dan tempat persembunyian tokek2 ni..


All times are GMT +8. The time now is 08:44 PM.

Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.